The Strange Case of Angelica

The Strange Case of Angelica (2011): Panggung Drama dalam Sinema

THE STRANGE CASE OF ANGELICA

Well, film ini memang baru dibawa ke Indonesia belum lama ini melalui sebuah festival Europe on Screen 2013, tapi saya sendiri sudah menyaksikannya pada tahun 2011 lalu dengan kekuatan torrent (Oops.) yang dahsyat. Film Portugal yang berjudul lokal ‘O Estranho Caso de Angelica’ ini adalah film berbahasa Portugis kedua yang saya saksikan setelah Cidade de Deus yang mentereng di Top 250 IMDb (Wow.). Saya dipertemukan dengan film ini juga dari rekomendasi Rotten Tomatoes yang melabelinya 87%, setelah searching dengan keyword “Europe Movie.” Amazing!

Film “unik” ini disutradarai oleh Manoel de Oliveira, sang Mr. Portugal, yang kabarnya sudah berumur seabad saat produksi film ini (Cult!). That’s why film ini punya paduan sense modern-classic yang kental. Bisa jadi “kedalaman” setting-nya atau teknik pengambilan barang yang classic ini yang menjadi daya tarik tersendiri. Unik memang, menyaksikan film ini terasa seperti menyaksikan film jadul yang kameranya “paten,” statis tidak bergerak, hanya mematok satu frame, sehingga blocking pemain-lah yang berperan. You know, seperti menyaksikan pertunjukan drama (yang mewajibkan pemainnya mengoptimalkan ruang gerak mereka yang terbatas panggung saja), hanya saja in a real life scene dan tanpa panggung nyata. Clever, right?

strcaseoangelica_sinekdoks_1

Film ini sendiri berkisah tentang seorang fotografer muda, Isaac (diperankan oleh Ricardo Trepa), yang ditawari pekerjaan untuk memotret jenazah seorang newlywed, Angelica (Pilar Lopez di Ayala), yang baru saja meninggal. Saat pemotretan, Isaac tertarik pada paras Angelica, yang beautiful in blue, cantik meskipun sudah meninggal. Isaac yang terobsesi dengan Angelica, semakin sering bertemu dengannya setiap malam dengan mimpinya. Apakah cinta Isaac bersambut? Lihat saja.

Sederhana memang, namun Manoel menerjemahkan konsep klasik ini dengan datar, disentuhkan dengan lantunan melodi yang pelit, dan humor satir yang sedikit sulit dipahami. Film ini cukup mengesankan dalam menampilkan orisinalitas permainan setting. Ageless. Begitu juga pemilihan cast yang pas, si desperate-look, socially deviant Isaac, yang diperankan Trepa, dan kecantikan natural Angelica, oleh Lopez di Ayala, memang menjadi kredit istimewa, terutama setelah deretan cast orang tua yang ceritanya menghuni rumah kontrakan yang sama dengan Isaac. Classy! Meskipun begitu, beberapa part dalam film ini akan sedikit susdah dimengerti karena seolah menampilkan “simbolisme” tertentu melalui beberapa adegan. Not some visual symbolisms, but more like something to act. In overall, this movie is another ‘not everyone’s movie.’

strcaseoangelica_sinekdoks_2


TheStrangeCaseofAngelicaTITLE: O Estranho Caso de Angelica a.k.a The Strange Case of Angelica GENRE: Drama DIRECTOR: Manoel de Oliveira CAST: Pilar Lopez de Ayala, Filipe Vargas RATING: 2.5star

Say something! Say something!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s