La Luna (2011): Fabel Masa Kini dari Pixar A

Read Time:1 Minute, 31 Second

La Luna, sebuah film pendek Pixar yang dirilis untuk menemani Brave tahun 2011 lalu, mampu menjadi semacam milestone dalam dunia perfilman animasi. Bahwasanya, selama ini film animasi selalu diidentikkan dengan kisah-kisah lucu yang mengocok perut, namun La Luna mendefinisikan ulang film animasi dengan gayanya sendiri. Pixar sendiri mengatakannya, “Timeless!”

La Luna, yang berarti Bulan, ini menceritakan tentang seorang anak muda yang diajak oleh Ayah dan Kakeknya untuk bekerja di suatu malam. Dari awal memang suasana excitement seorang bocah dalam menghadapi pengalaman baru memang terlihat dengan penggambaran visual yang tenang, dengan deburan riak laut yang sama tenangnya. Suasana yang didominasi lautan dan langit (tanpa ada daratan) membuat suatu perasaan enchanted tersendiri. Begitu dimanjakannya penonton dengan nuansa ini, penonton pun dibuat terkejut pada akhirnya dengan sebuah twist sederhana yang mengungkap pekerjaan sebenarnya si Ayah dan Kakek ini. Twist dibangun pelan-pelan, tanpa dialog yang jelas (kecuali murmuring), dan dengan soundtrack teatrikal yang unik. Pada akhirnya, twist inilah yang defining La Luna sebagai fabel modern yang menyentuh.

Film pendek arahan Enrico Casarosa (storyboard artist film-film animasi mentereng Pixar, seperti Up, Ratatouille, Robots, dan Ice Age) ini memiliki sentuhan seni yang kuat, meskipun film ini tidak dimaksudkan untuk menjadi film surrealis. Penggambaran manusia yang dijauhkan dari konsep “sempurna”, dipadukan dengan penggambaran nuansa dengan tekstur dan pewarnaan yang unik, mengkonversi waterpainting color untuk sebuah animasi CGI. Ditambah lagi, ide cerita yang sangat fabel, namun membawa kesan tersendiri. La Luna sendiri bisa menjadi contoh bagaimana modern fabel terbentuk, di antara ide-ide brilian lainnya.

To make it fair, sebaiknya jangan terlalu berekspektasi bahwa La Luna adalah film berlabel SU (Semua Umur) yang menghibur right away; sedikit kesabaran, dan sedikit visi, diperlukan untuk membawa penonton memahami hiburan macam apa yang mahakarya seni ini tawarkan. I agree with Pixar, it’s timeless.


TITLE: La Luna

GENRE: Animation | Short

DIRECTOR: Enrico Casarosa

RATING:

4 responses

  1. karamelkinema Avatar
    karamelkinema

    i adore every Pixar short and this one is exceptionally pretty with its visual 😀 setuju banget dengan istilah ‘fabel masa kini’, this reminds me to childhood bedtime stories that full of wonders and wisdom!
    (PS: added your link to my blog :D)

    1. This is admirabilis! But, honestly, I don’t really like Pixar’s full length movie although they’re good, but some are just too cheesy :p

  2. Ginanjar Seladipura Avatar
    Ginanjar Seladipura

    kalo gak salah, ini diangkat dr ceritanya Italo Calvino..

    1. ah pengetahuan baru, danke 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!