RIPD-Sinekdoks

R.I.P.D. (2013)

R.I.P.D sebenarnya bisa menjadi film yang sangat menghibur summer ini; bagaimana tidak? Judulnya saja sudah ‘nyeleneh’ Rest in Peace Department. Apalagi didukung dengan budget 130 juta dollar-nya, dan bintang kaliber beda generasi, Ryan Reynolds (yang sedang panas) dan Jeff Bridges, serta sutradara yang pernah menonjok dengan RED, Robert Schwentke. Dengan premis yang terasa seperti Men in Black dicampur Ghostbuster, atau lebih tepatnya Spawn dan Constantine, adaptasi komik Dark Horse dengan judul yang sama ini bisa saja jadi hit, tapi sayangnya nasib belum ke arah sana.

RIPD-Sinekdoks-1

Kisah R.I.P.D berawal ketika Nick Walker (Ryan Reynolds), seorang polisi korup tewas ditembak rekannya sendiri dan seketika arwahnya dihadapkan pada Mildred Proctor (Mary-Louis Parker), kepala divisi kepolisian gaib (R.I.P.D.) Boston. Ia direkrut untuk menangkap para hantu yang berkeliaran di kota. Dalam tugasnya, Nick diduetkan dengan hantu polisi beda jaman, Roy Pulsipher (Jeff Bridges) yang tak pernah sejalan dengannya. Humor dan ke-keras kepala-an mereka berlanjut sampai pada akhirnya mereka harus dihadapkan para gerombolan hantu yang ingin melepaskan hantu-hantu di neraka ke bumi.

RIPD-Sinekdoks-2

Well, kecuali penampilan Jeff Bridges yang memang lebih dominan, chemistry antara Reynolds dan Bridges kurang maksimal, bahkan jokes-nya terasa garing dan biasa saja. Ryan Reynolds bahkan lebih terasa seperti peran pembantu di sini (inhale!). Untungnya, plot masih tertata rapi dan masih mengundang rasa penasaran sekaligus excitement melihat duo ini menghadapi para hantu (yang malah terlihat seperti aliens MIB) serta melihat mereka disguise di dunia manusia (yang sebenarnya kocak).

Terror bagi film ini justru muncul di second half film ini, sudden changes in environment, sudden plot holes, serta disaster yang meninggalkan luka di hati bagi penontonnya. Tiba-tiba dunia yang saling colliding antara dunia manusia dan hantu yang berjalan tanpa efek samping menambah derita penonton (meskipun masih ada yang optimistis dengan cerita model ini). Untunglah yang kita lihat adalah Ryan Reynolds dan Jeff Bridges, dan untung ini adalah adaptasi komik (jadi kreativitas script-writer nya yang tanggung tidak perlu dipersalahkan). Bisa dibilang: budget 130 juta ini tidak difungsikan dengan maksimal (terhitung hanya pemasangan Reynolds dan Bridges saja yang terasa pas).

RIPD-Sinekdoks-4

R.I.P.D. memang tetap menghibur dengan hiburan yang biasa-biasa saja. Bisa dibilang film ini membuang begitu saja budget raksasanya dengan cerita yang kurang maksimal. Pada akhirnya, hanya Jeff Bridges dan Ryan Reynolds saja yang meninggalkan kesan dari film ini (walau mungkin untuk mereka R.I.P.D. meninggalkan kesan buruk). Meskipun begitu, saya percaya suatu saat akan ada yang terinspirasi dengan plot R.I.P.D. ini dengan eksekusi yang lebih baik.

RIPDTITLE: R.I.P.D. a.k.a Rest in Peace Departments

GENRE: Action | Fantasy

DIRECTOR: Robert Schwentke

CASTS: Ryan Reynolds, Jeff Bridges, Mary-Louise Parker

RATING:2star

Say something! Say something!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s