Sinekdoks-Top7-Matryoshka

SINEKDOKS’ TOP 7: MATRYOSHKA MOVIES

Boneka Matryoskha, boneka dalam boneka khas Russia adalah inspirasi saya menulis post ini. Sederhana saja, film-film yang bertema sesuatu dalam sesuatulah yang saya sebut sebagai Film Matryoshka. Contoh paling jelas tentu saja Inception, dengan struktur mimpi dalam mimpi yang super hype itu. Berhubung sekarang banyak film yang mengadopsi struktur seperti ini (dan banyak juga yang seperti ini sebelum Inception),  saya jadi tertarik untuk membahasnya.

Berikut ini film-film matryoshka yang paling saya suka:

07. The Matrix

Sinekdoks-Top7-TheMatrix

Termasuk generasi awal yang saya suka, film arahan The Wachowski Bros ini melibatkan si jagoan utamanya di dua dunia yang berbeda. Entah yang mana yang nyata, The Matrix atau malah “the real world“-nya; yang jelas, Thomas Anderson alias Neo alias The One (Keanu Reeves) harus menjalani prophecy-nya di The Matrix.

06. The Truman Show

Sinekdoks-Top7-TheTrumanShow

Siapa yang sangka bahwa sejak lahir hidup Truman Burbank (Jim Carrey) hanyalah reality show? Dunianya hanyalah dunia artifisial dan kisahnya disaksikan milyaran orang di seluruh dunia nyata. Bahkan semua orang-orang di sekitarnya sudah diarahkan sang sutradara, Christof. Bayangkan jika itu duniamu.

05. Trance

Sinekdoks-Top7-Trance

Untuk menyingkap lokasi lukisan Goya yang baru saja dicuri, Simon (James McAvoy) dihipnosis untuk membuka block di ingatannya. Siapa sangka jika di dalam dunia proyeksi (seperti mimpi) dalam hipnosis masih bisa diselami lagi. Dalamnya laut bisa diselami, dalamnya pikiran manusia? Who fuckin’ knows?

04. Mr. Nobody

Sinekdoks-Top7-MrNobody

Ini film rumit arahan sutradara Belgia, Jaco van Dormael dan dibintangi Jared Leto sebagai Nemo Nobody. Well, tanpa kita sadar, plot yang sama sekali acak-acakan ini ternyata adalah pola probabilitas dalam imajinasi seorang Nemo Nobody kecil dalam persimpangan perpisahan orang tuanya. Setiap pilihan selalu ada akibatnya, dan setiap akibat itu selalu bisa diselami tanpa ada batas.

03. Inception

Sinekdoks-Top7-Inception

Film heist paling fenomenal dekade ini! Christopher Nolan mengajak paket casts kelas A-nya untuk mimpi dan bermimpi lagi dalam mimpi, sampai ke alam bawah sadar hanya untuk menanamkan suatu pemahaman. Bayangkan, mimpi yang berlapis-lapis tentu bukanlah masalah; masalahnya, bagaimana caranya kita sadar bahwa kita sudah benar-benar bangun?

02. Synecdoche, New York

Sinekdoks-Top7-SynecdocheNewYork

Sebuah konstruksi drama raksasa yang ingin merekonstruksi kota New York. Ada banyak drama dalam drama yang disutradarai Caden Cotard (Phillip Seymour Hoffman), bahkan ada pemeran dirinya sendiri yang juga diperankan oleh orang lain. Lapisan-lapisannya sangat janggal dan nyaris tak teridentifikasi; bahkan sampai di akhir film, masih sulit membedakan mana drama mana dunia nyata. Subtle!

01. Eternal Sunshine of The Spotless Mind

Sinekdoks-Top7-EternalSunshineOfTheSpotlessMind

Proses penghapusan ingatan dengan prosedur yang sangat rumit. Joel (Jim Carrey) yang ingin menghapus ingatan akan Clementine (Kate Winslet) yang sudah lebih dahulu menghapus ingatan atas Joel, malah terjebak dalam proses penghapusan ingatan itu sendiri. Saking dalamnya, ada kesadaran di bawah alam sadar. Prosesnya yang sama sekali tidak subtle menjadikannya diperingkat 1 saya.

Tidak ada konklusi untuk edisi ini, hanya saja peringkat 1 dan 2 ternyata adalah karya Charlie Kauffman (meskipun tidak semua ia yang menyutradarai). Mungkin, di masa depan masih ada lagi… mungkin. Let’s see di edisi top lainnya.

6 thoughts on “SINEKDOKS’ TOP 7: MATRYOSHKA MOVIES”

Say something! Say something!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s