Happy Death Day (2017) – Review

Happy Death Day (2017) – Jessica Rothe | Image via themoviedb

Review: Seorang mahasiswi bernama Tree (Jessica Rothe) terbangun di asrama seorang mahasiswa non-populer (Israel Broussard) dalam keadaan hangover. Tanpa basa-basi, ia segera bergegas kembali ke fraternity house-nya. Sebagai certified mean girl, dalam perjalanannya, ia melabrak semua orang yang ditemuinya. Perangai buruknya sepertinya tak terhentikan, sampai akhirnya ia bertemu seorang pembunuh bertopeng yang akhirnya mencabut nyawanya. Seyogyanya, Tree tewas, namun, ia justru terbangun di kamar asrama yang sama seperti saat ia terbangun sebelumnya; konyolnya, ia harus mengulangi hari terakhir hidupnya lagi, lagi dan lagi.

Dari premis tersebut, mudah saja disimpulkan bahwa Happy Death Day memakai formula Groundhog Day dalam trope teen-slasher. Sutradara Christopher Landon dan penulis naskah Scott Lobdell memanfaatkan formula time-loop-nya untuk memamerkan referensi film old-school teen-slasher mereka guna menghadirkan ketegangan. Namun, mereka tak hanya memanfaatkannya untuk itu saja. Formula yang sama dipakai untuk menghadirkan thriller whodunit dengan sang korban menjadi investigator siapa yang membunuhnya. Hasilnya memang agak campy dan tidak fenomenal, namun film ini tetap hadir dengan angin segar dan keseruan sepanjang durasinya.

Happy Death Day (2017) – Jessica Rothe | Image via themoviedb
Happy Death Day (2017) – Jessica Rothe | Image via themoviedb

Asal muasal time-loopnya memang tak pernah dijelaskan, namun fenomena tersebut punya aturan-aturan pasti walaupun tak implisit. Sang protagonis harus melalui proses trial and error berkali-kali untuk memahami aturannya, menjadikan film ini terasa seperti video game dengan opsi “insert coin to continue.”  Premisnya punya resiko besar untuk jadi terkesan malas-malasan dan mundane, namun Happy Death Day bukanlah film yang seperti itu. Trope-nya dimanfaatkan dengan pas untuk menghindari predictability, caranya adalah menghadirkan berbagai scenario yang kadang beda jauh kadang mirip-mirip. Alhasil, kita dipaksa untuk menggeser fokus kita dari “siapa pembunuhnya” menjadi “apa motif pembunuhannya.” Yang jelas, film ini paham betul potensinya dan menggunakan pemahaman itu untuk menghadirkan thriller yang asyik.

Jessica Rothe (La La Land) memainkan peran penting dalam menjadikan film ini “game” yang seru. Ia berulang kali bertransformasi dari mean girl yang super menyebalkan menjadi korban yang putus asa, lalu berubah lagi menjadi “final girl” yang penuh semangat. Rothe menghadirkan setiap emosi; ia mungkin hanya audisi untuk satu peran saja, namun secara praktis, dia menghadirkan berbagai macam karakter horror-slasher dengans segala klise, peran dan karakteristiknya di setiap ‘awal baru.’ Walaupun demikian, perlu digaris bawahi bahwa ia punya potensi jadi typical mean girl baru.

Diberkahi penampilan Rothe yang menyenangkan, Happy Death Day sukses mengekstrak ide non-original tentang time-loop dan teen-slasher menjadi sebuah film yang inspiratif bagi sub-genre serupa di masa depan. Sekalipun konklusi dari plot berulang-ulangnya tak terlalu memuaskan, namun perjalanan yang dihadirkan untuk mencapai sana sukses menghadirkan jolts dan bolts. Seru!

Happy Death Day (2017)

star3Happy Death Day (2017) – Poster via themoviedb

Horror, Thriller, Mystery, Comedy Sutradara:  Christopher Landon Penulis Naskah: Scott Lobdell Pemeran: Jessica RotheIsrael BroussardRuby Modine Durasi: 96 mins Rated PG-13

IMDb

Advertisements

Author: Paskalis Damar AK

A Bali-based blogger. A cinema loner and self-claimed movie fan since 2013. Public Relation in non-cinematic world. bit.ly/1iSSB2Q

Say something! Say something!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s