CaptainPhillips-Sinekdoks

Captain Phillips (2013)

Captain Phillips, judul macam apa itu? Terdengar “terlalu percaya diri” sekaligus membosankan–jika bukan karena Oscar things-nya (sutradara nominator Oscar dan bintang peraih Oscar-nya), saya pasti sudah melewatkannya. Namun, saya tidak melewatkannya dan saya tidak menyesali thriller berdurasi dua seperempat jam ini.

Berdasarkan kisah nyata tentang pembajakan kapal kargo Amerika oleh para perampok Somalia, Richard Phillips ada dalam pribadi Tom Hanks–seorang pria paruh baya biasa yang bekerja di suatu perusahaan shipping di Alabama. Phillips hanyalah a wrong man in a wrong place during a wrong moment with a wrong responsibility. Jadi, judul Captain di sini hanya mengacu pada perannya dalam pekerjaannya–jadi, singkirkan jauh-jauh ekspektasi tentang Captain America, Captain Jack Sparrow, atau malah Captain Tsubasa.

Saat kapal besarnya diserang sebuah kapal kecil perompak Somalia bersenjata, sisi heroiknya muncul. Negosiasi dan upaya untuk kabur dari penyerangan ini jelas adalah inisiatifnya–sesederhana itulah plot Captain Phillips. Tapi, detail yang mengesankan adalah kunci thriller film ini. Terfokus pada suatu kapal di tengah laut yang benar-benar hanya dikuasai perompak bengis, jangan berharap menjadi korban bajak laut itu menakutkan: it’s worse. Ketegangan yang ditampilkan dengan shots jarak dekat yang intens menimbulkan kesan terkurung yang sama intens-nya. Penyutradaraan Paul Greengrass dengan arahan kamera DoP, Barry Ackroyd benar-benar menutup semua jalan keluar, termasuk dengan gambar yang bergoyang serasa benar-benar berada di tengah laut.

CaptainPhillips-Sinekdoks-1

CaptainPhillips-Sinekdoks-2

Well, perompak Somalia memang sangat mengancam. Para perompak yang diperankan oleh para pemuda Somalia asli yang sangat tak terduga dengan semangat yang meluap-luap . Terlebih lagi, sosok perompak Muse, yang frontal dan nekat (diperankan oleh Barkhad Abdi) sungguh memberikan ancaman yang nyata; saking nyatanya, saya sampai berpikir bahwa mereka itu perompak asli yang dijadikan aktor. Secara mengejutkan, akting Abdi yang meledak-ledak mampu mengimbangi kebintangan Hanks.

Dari awal film, emosi karakter Hanks memang sangat jujur dan tertata. Sebagai kapten kapal kargo, ia memang vulnerable, tapi justru saat itulah sikap kebapakannya muncul. Memang ada masanya emosi sang kapten yang terekskalasi pelan -pelan ini meluap memperlihatkan sisi heroik dari kebintangan Hanks. Saat akhirnya film ini berakhir emosional, saya sudah bisa menduganya.

Namun, karena terlalu asyik bermain dengan emosi Hanks serta thriller yang mencekam, Greengrass seolah lupa beberapa hal, IMO. Pertama, ia lupa bahwa film ini berdasarkan kisah nyata; Greengrass seolah lupa ada pesan yang harusnya disampaikan karena ia sibuk mendramatisir filmnya. Kedua, para perompak Somalia di sini terasa seperti tidak memiliki background atas perilaku mereka–mereka tidak peduli akan apapun termasuk nyawa orang selain hanya uang dan harta saja. Motif mereka memang masuk akal, tapi cuma sampai situ saja, selebihnya mereka terlihat seperti brainwashed (saya yang terlalu naif atau memang perompak Somalia seperti itu di kehidupan nyata?). Tapi, selama thriller-nya terasa begitu dahsyat dalam mengacak-acak emosi penonton, untuk apa mempermasalahkannya? It’s there already.

Tom Hanks

Captain Phillips memang dramatisasi kisah nyata dengan Oscar things dan mungkin Oscar bait, tapi bukan sekedar kebintangan Hanks serta keseriusan Greengrass saja yang menjadi umpan film ini; thriller tak terduga dari para pemuda Somalia serta kegemilangan karakter Muse yang diperankan Abdi juga berkontribusi besar dalam aliran kisah Captain Phillips yang emosional.

TITLE: Captain PhillipsCaptainPhillips

GENRE: Action | Drama | Thriller

DIRECTOR: Paul Greengrass

WRITER: Billy Ray

CASTS: Tom Hanks, Barkhad Abdi, Barkhad Abdirahman, Mahat M Ali, Faysal Ahmed
RATING:

2 thoughts on “Captain Phillips (2013)”

Say something! Say something!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s