Annabelle: Creation (2017) Review - Lulu Wilson

Annabelle: Creation (2017) – Review

Review: Beri Lulu Wilson peran dalam prekuel film horror yang busuk maka besar kemungkinan prekuel tersebut jadi lebih bagus dari predesesornya. Kalimat barusan memang terdengar konyol, tapi kalau diperhatikan baik-baik, ada juga benarnya. Intinya: horror yang buruk bukanlah akhir segalanya. Annabelle: Creation, prekuel Annabelle (2014), bersama Ouija: Origin of Evil yang sama-sama meng-casting Wilson, telah membuktikan bahwa franchise horror masih bisa mendapatkan kesempatan kedua jika mau belajar.

Creation bertutur tentang kisah yang terjadi jauh sebelum si boneka setan jatuh ke tangan The Warren, bahkan jauh sebelum sempat menghantui The Forms. Sub-judulnya sendiri sebenarnya sudah meringkas cerita film ini, tentang cikal bakal kenapa sang boneka berubah menjadi medium iblis. Yang jadi pertanyaan justru: kalau kita sudah tahu garis besar ceritanya, akankah film ini jadi tak menyeramkan?

annabelle-creation-02

Untungnya, kekhawatiran tersebut tidak terjadi dalam Creation. Sutradara David F. Sandberg berhasil mengkonversi budget besar yang diterimanya dan menjadikan materi siap-pakai ini sebuah horror spectacle yang cukup efektif bagi penonton kasual, yang pasrah untuk ditakut-takuti; walaupun tak begitu efektif bagi pecinta horror die-hard. Sekalipun hasil akhirnya lebih terasa seperti carbon copy style James Wan, Sandberg masih mampu membangun ketegangan dengan rapi, menggelar berbagai Chekov’s gun dan mengkoreografikan jump-scare yang pas (termasuk salah satunya yang seolah dicoomot langsung dari Lights Out).

Alih-alih membuka filmnya dengan menghadirkan elemen Conjuringverse yang sedang hangat-hangatnya, Creation justru merangkak pelan, menghadirkan distraksi-distraksi dari kisahnya yang sudah predictable. Chekov’s gun diletakkan di beberapa tempat, seolah-olah dengan percaya diri menyiratkan bahwa ada apa-apa dengan benda-benda random ini. Mulai dari lift mekanis, rumah boneka yang megah, Little Sue, sampai orang-orangan sawah, semuanya diposisikan seolah-olah keseraman bisa tiba-tiba dihadirkannya tanpa notifikasi.

Begitu masuk moda horror, Sandberg mulai memainkan tempo, menghadirkan ilusi seolah-olah horror yang dihadirkan non-stop, padahal banyak melodrama disisipkan di sana sini. Sama seperti di Annabelle, drama tulisan Gary Dauberman, tidak terlalu berpengaruh dan bahkan terasa ceroboh (tidak bertanggung jawab, lebih tepatnya). Untungnya, penyutradaraan Sandberg mampu menghindarkan film ni dari drama banal tersebut dan justru fokus menghadirkan rumah boneka yang lumayan seram (perhatikan sang orang-orangan sawah dan boneka tangan, sebagai pendukung boneka porselen Annabelle).

Annabelle: Creation (2017) - Talitha Bateman
Annabelle: Creation (2017) – Talitha Bateman | Image via IMDb

Dalam menghadirkan spectacle ini, nyawa Creation adalah penampilan mengesankan para aktor ciliknya, terutama Talitha Bateman dan, tentu saja, Lulu Wilson. Kedua gadis ini digambarkan sebagai karakter yang bertolak belakang namun saling mendukung satu sama lain. Bateman mewakili sisi lemah manusia yang mudah ditekan dan dihantui iblis; sementara Wilson menghadirkan energy positif yang menghibur dan menguatkan. Kedua karakter ini merefleksikan horror spectacle yang ingin digambarkan Annabelle: Creation; spectacle yang menakut-nakuti sekaligus menghibur dalam waktu bersamaan.

Annabelle: Creation (2017)

star3Annabelle: Creation (2017) - Poster via themoviedb

Horror, Mystery, Thriller Directed by: David F. Sandberg Written by: Gary Dauberman Starred by: Stephanie SigmanMiranda OttoLulu Wilson Runtime: 109 mins Rated R

IMDb

Advertisements

Say something! Say something!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s