American Made (2017) – Review

American Made (2017) Review - Tom Cruise | Image via IMDb

Review: Film terbaru Tom Cruise, American Made, adalah sebuah kisah tentang sesosok mirip Han Solo sang penyelundup di kehidupan nyata. Tersebut Barry Seal (Cruise), mantan pilot termuda suatu maskapai di AS yang meninggalkan pekerjaannya untuk mengejar ‘karir’ lain. Lihat saja resume-nya dan semua orang akan terkejut ketika tahu bahwa Seal pernah bekerja bagi CIA, gerilyawan Contras di Nikaragua, Medellin Cartel-nya Pablo Escobar sampai-sampai Ronald Reagan di White House. Kisah super kotor ini terasa sangat gila sangat obscene sampai-sampai batasan antara realita dan fiksi jadi kabur.

Kehidupan Barry Seal sendiri seolah memang ditulis untuk diperankan Cruise. Ia adalah seorang adrenaline junkie (cocok dengan Cruise, yang suka melakukan stunt-nya sendiri) yang terlibat dalam dunia gelap penuh korupsi, pengkhianatan dan kriminalitas. Sekalipun hidup dalam dunia yang tak membanggakan, Seal selalu tampil narsis dan bermulut besar (dalam suatu adegan, dia bahkan menawari petugas DEA, polisi local, FBI dan berbagai penegak hukum lainnya dengan Cadillac); dan dia menjalankan operasinya dengan pesawat kecil—menyatukan kembali Cruise dengan dunia penerbangan seperti di Top Gun.

American Made (2017) - Domhnall Gleeson & Tom Cruise | Image via IMDb
American Made (2017) – Domhnall Gleeson & Tom Cruise | Image via IMDb

Doug Liman (The Bourne Identity, Edge of Tomorrow) sebagai sutradara menginjeksi American Made dengan pesona karyanya yang seru sekaligus keren. Seperti dalam Edge of Tomorrow, Liman menjadikan Cruise sebagai umpan sekaligus bintang utamanya. Polanya selalu sama, karakter Seal terus-terusan dijejali tawaran yang lebih besar dengan resiko yang lebih besar pula. Makin jauh cerita berjalan, semakin kisah Seal menggila dan tak bisa dihentikan. Penonton dijejali dengan joyride tanpa henti dengan Cruise sebagai pemandu dan kenarsisannya menjadi obyeknya. Tapi, kali ini, kita tak perlu protes mengenai narsisme tersebut.

Keras dan dinamis, menghibur sekaligus membuat berdebar-debar, begitulah permainan American Made. Hal tersebut diterjemahkan dalam sinematografi. Pergerakan kamera handheld memberi kesan mengenai resiko pekerjaan Seal. Kadang kamera hanya fokus pada penampilan super sombong Cruise dalam meng-highlight enerjiknya Seal. Kadang, kameranya juga berfokus pada betapa tidak bertanggung jawabnya Seal di udara—mulai dari sekedar terbang rendah di atas belantara Amerika Tengah; bongkar muat kokain dari pesawat yang keberatan; bahkan sampai bercinta di pesawat. Segala kegilaan itu dihadirkan dengan iringan music lawas yang menderu-deru, mengisi dunia American Made yang kotor dengan adrenalin.

Film ini seolah hanya berniat untuk bersenang-senang tanpa harus tampil serius. Ini bukan biopic inspiratif atau retrospektif tentang kelamnya masa lalu; ini hanyalah usaha Doug Liman untuk menghadirkan semangat kriminalitas retro dengan energy summer blockbuster. American Made selalu tampil di permukaan saja, tak pernah sok-sokan menyelami kedalaman karakter Seal. Bahkan subplot tentang keluarga Seal dibuang jauh-jauh, hingga berakhir jadi alasan untuk menampilkan bokong Cruise saja.

American Made (2017) - Tom Cruise | Image via IMDb
American Made (2017) – Tom Cruise | Image via IMDb

Pecinta narsisme Cruise patut berterima kasih pada Doug Liman karena telah, sekali lagi, memanfaatkan Cruise dengan tepat untuk menghadirkan film summer blockbuster yang seru. American Made membuat penyelundupan terasa menyenangkan.

American Made (2017)

star3American Made (2017) - Poster via themoviedb

Action, Biography, Crime, Comedy Sutradara: Doug Liman Penulis: Gary Spinelli Pemeran: Tom CruiseDomhnall GleesonSarah Wright Durasi: 115 mins Rated R

IMDb

Advertisements

Author: Paskalis Damar AK

A Bali-based blogger. A cinema loner and self-claimed movie fan since 2013. Public Relation in non-cinematic world. bit.ly/1iSSB2Q

Say something! Say something!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s