About Time (2013)

“Sweet and warm time-travelling romantic comedy. A step further from Richard Curtis, the man behind Love Actually and Notting Hill.”

About Time adalah sebuah kisah ‘tentang waktu’–lebih tepatnya, tentang bagaimana seseorang bisa mencintai tanpa ada batasan waktu. Tokoh kita, Tim (Domhnall Gleeson) menemukan suatu fakta yang menakjubkan saat usianya 21 tahun. Ayahnya (Bill Nighy) mengungkapkan suatu rahasia bahwa semua pria dalam keluarganya mampu kembali ke masa lalu–tidak bisa mengubah sejarah, memang, hanya bisa memperbaiki apapun yang terjadi di masa lalunya. Tim lalu menggunakan kekuatan khususnya ini untuk menemukan cinta dalam hidupnya, yang akhirnya ia temukan pada figur Mary (Rachel McAdams). Ia akan melakukan apa saja dengan kekuatannya itu untuk mendapatkan gadis itu.

Sutradara film ini, Richard Curtis, juga terlibat dalam pembuatan film-film romcom super manis, i.e., Love Actually, Notting Hill, dan Four Weddings and A Funeral sebagai sutradara maupun penulis. About Time tidak terlalu mengikuti formula standar film romcom: kisahnya tidak sesederhana tentang seorang pria yang mencintai seorang gadis–tapi juga kisah seorang pria dengan keluarganya, pekerjaannya, orang-orang di sekitarnya, dan dirinya sendiri. Yang membuatnya tetap ringan namun menyenangkan adalah penggunaan time-travel yang menjadi plot device penting, namun tidak terlalu dominan. Tim memang menggunakannya cukup sering memang, tapi kisahnya tidak benar-benar berbalik. Time-travelnya tidak terlalu rumit dan logis, karena memang About Time tidak mengumbar paradoks waktu ataupun timeline paralel. Meskipun terkesan sci-fi, About Time terkesan masih sangat Curtis.

Yang membuat About Time sangat mudah dinikmati tentu saja adalah para pemerannya yang keren. Domhnall Gleeson, dalam lead role pertamanya, akan selalu terkenang di sini. Dan sejujurnya, saya masih ingin melihatnya mendapat peran utama lagi. Co-starnya, McAdams menunjukkan chemistry yang luar biasa dan mampu membuat pasangan ini makin dicintai. Bill Nighy yang memerankan sang ayah juga tampil sangat keren dan beberapa kali mencuri beberapa adegan dengan sangat emosional dan sentimental. Chemistrynya dengan Gleeson jangan dipertanyakan lagi.

About Time memang tetap ringan dan cocok dinikmati di waktu luang. Scorenya yang sangat menyentuh dan manis membuat film ini susah untuk tak dinikmati.

2 comments on “About Time (2013)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *